Sekelompok kaum wanita tergabung dalam organisasi Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kota Bekasi mengungkapkan apresiasi yang tinggi terhadap peran wanita di masa kini. Apresiasi tersebut diwujudkan melalui kegiatan yang dikemas dalam nuansa peringatan hari pahlawan bertema ‘Aku Wanita Pahlawan Masa Kini’, yang digelar di Griya Wulan Sari, Kota Bekasi, Selasa (26/11/2019).

Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto yang hadir diacara tersebut menyampaikan, peran wanita saat ini pantas disebut pahlawan. “Pahlawan di era saat ini berbeda dengan dulu. Pahlawan sekarang bukanlah pejuang yang berperang merebut kemerdekaan, tapi pahlawan yang berperan penting disegala sisi kehidupan, baik dalam keluarga dan di masyarakat,” ucap Tri.

Tri Adhianto juga menyampaikan, dirinya mengakui bahwa kiprah kaum wanita sekarang semakin maju. Terlebih wanita yang aktif berorganisasi, tidak menjadikan organisasinya sebagai wadah sekedar untuk berkumpul, bersilaturahmi. Tapi melakukan hal-hal bermanfaat. Hal senada diungkapkan Ketua Iwapi Kota Bekasi, Devi Iriani.

Devi menjelaskan, di era global saat ini, kaum ibu adalah pahlawan di keluarga. Menurut dia, Iwapi mendorong kaum wanita agar terus berperan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga.

“Jadi saat berkumpul dan bersilaturahmi, kita tidak hanya berbincang-bincang atau ngrumpi, tapi ada hal bermanfaat yang dilakukan,” ungkapnya. Ia juga menjelaskan, untuk memberikan penghargaan atas jasa dan peran wanita, Iwapi bekerjasama dengan BTN dan BUMN memberikan penghargaan kepada beberapa wanita berprofesi guru yang tergabung dalam GOW (Gabungan Organisasi Wanita) di Kota Bekasi. “Kami menganggap guru adalah pahlawan di era global, sehingga perlu diberikan penghargaan, karena mereka sudah membantu meningkatkan kesejahteraan dalam keluarga,” tutur Devi.

Devi pun mengatakan, langkah Iwapi ini sangat direspon positif oleh kaum wanita. Khususnya 5 orang guru penerima penghargaan, menyampaikan rasa bangga dan terharu dengan perhatian yang diberikan oleh Iwapi.

“Mereka mengaku bahagia sudah diakui sebagai pahlawan dan berjasa untuk keluarga dan masyarakat,” katanya. Devi berharap, melalui acara ini, kaum wanita khususnya para ibu agar menyadari bahwa sebenarnya dirinya adalah pahlawan dalam keluarga yang memiliki peran sangat hebat. “Harus disadari bahwa kita sebagai ibu rumah tangga adalah pahlawan, wanita yang hebat, khususnya anggota Iwapi dan organisasi wanita lainnya, termasuk pelaku UKM, mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.

Sementara ketua panitia acara, Widyawati Farah Imelda menambahkan, pada acara yang dihelat dalam rangka memperingati hari pahlawan Nasional ini sekaligus memotivasi kaum wanita khususnya di kota Bekasi supaya lebih berjiwa besar, mandiri, sehingga turut berperan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga serta bermanfaat bagi masyarakat. Ia mengatakan, acara selain dihadiri Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto juga Kepala Cabang BTN Kota Bekasi,  Ketua GOW Kota Bekasi, para ketua dan perwakilan dari 20 organisasi wanita se-Kota Bekasi, serta perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bekasi.

“Selain itu, kami juga menghadirkan beberapa tenant UMKM dari GOW serta binaan Iwapi untuk menjual produknya,” kata Imelda.

1574823892-picsay