Puluhan anggota dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi NTB diberi pelatihan untuk memanfaatkan teknologi guna memaksimalkan pemasaran potensi sumber daya alam yang ada di provinsi ini.

Ketua IWAPI Provinsi NTB, sekaligus senator asal NTB, Hj. Baig. Diyah Ratu Ganefi berinisiatif memfasilitasi anggota dan UKM binaannya untuk menduniakan produk, hasil dan sumberdaya alam melalu internet. Ratu Ganefi mendatangkan ahlinya dari perusahaan Google, Tahun lalu hal serupa dilakukan, melibatkan ahli dari perusahaan Facebook.

Pelatihan ini dilakukan Sabtu (6/7) kemarin di Hotel Lombok Raya, Setidaknya ada 70 anggota dan UKM binaan IWAPI Provinsi NTB terlibat. Ahmad Nur Ali, Tim Leader Gapura Digital dan Womenwill untuk wilayah Lombok mengatakan, kelas Womenwill dilaksanakan di 14 kota di Indonesia. Daerah ini menjadi satu-satunya wilayah di Indonesia Timur yang dipilih. Dengan pelatihan ini, pelaku usaha dapat difasilitasi pemasaran secara digital.

Di situs pencarian Google, terdapat fitur Google My Business (GMB). Di dalamnya menampilkan profil usaha, petunjuk, dan informasi lengkap tentang produk dan tempat pemasarannya. Ada juga website gratis agar lebih memudahkannya di akses.

“Benar bahwa Lombok ini disebut surge. Itu juga alasan kita untuk door to door akan memberi pelatihan pemasaran. Bekerjasama dengan IWAPI. Misalnya IWAPI mengadakan pelatihan di Sumbawa, kita juga akan datang,” jelas Ali,

Pelatihan diberikan kepada peserta, hingga mereka bisa. bahkan peserta dituntun untuk memenuhi verifikasi dari Goo- gle. Dengan menampilkan produk dan usaha di Google, kata Ali akan sangat membantu memasarkan dan mempromosikan produk dan sumber daya alam yang ada di NTB ke publik internasional. Misnawati, Wakil Komisi Tetap X Bidang Pendidikan DPP IWAPI yang turut hadir pada kegiatan kelas Women- will di Lombok ini mengaku takjub dengan potensi yang dimiliki NTB. Dari kekayaan alamnya, wiasatanya, kulinernya, serta budayanya, Seluruh potensi ini menurutnya sangat layak di jual ke dunia internasional dengan marketing teknologi. Kerjasama antara IWAPI, Google dan Womenwill menurutnya tidak sekedar untuk pemasaran. Lebih dari itu untuk mengajarkan bagaimana pengusaha wanita di NTB melatih komunikasi, dan memiliki leadership yang bagus.

“Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas wanita pengusaha yang ada di Lombok. Pada dasarnya wanita-wanita pengusaha di Lombok sudah terkenal bagus. Hanya tinggal ditingkatkan terus kesuksesan dan kesejahteraannya,” terang Misnawati.

Ketua DPD IWAPI NTB, Hj. Baig. Diyah Ratu Ganefi yang akrab dipanggil BDRG ini menjelaskan, IWAPI mendukung program pemerintah untuk menambah wirausaha baru. Dengan memanfaatkan IT, menurutnya para pengusaha perempuan di daerah ini tak lagi mengandalkan usaha secara konvensional.

“Memanfaatkan IT ini juga dapat mengurangi cost untuk kontrak tempat, pegawai. Pemasaran bisa dilaksanakan dengan di rumah sendiri, Ini untuk menyiasati perekonomian kita saat ini,” kata BDRG.

Berpromosi lewat IT tidak sekedar mempromosikan produk yang dihasilkan. Lebih dari itu, potensi wisata, fasilitas berwisata juga dapat dipromosikan melalui internet, Harapannya, dengan semakin banyak yang turut mempromosikan NTB, semakin menggairahkan investasi di provinsi ini.

“Harapan besarnya, kita sama-sama terus membangkitkan ekonomi dan pembangunan di NTB, terutama pascagempa,” demikian BRDG.

e17c6797-bb22-4c2c-867d-ca20bca2e664