IWAPI menyelenggarakan acara A Glimpse of Papua dengan tema Pelest­­­arian budaya dan bangaimana peran para pengusaha lokal membantu pasar untuk meningkatkan penjualan produk heritage dari daerah guna membantu perekonomian pengrajin yang diselenggarkan oleh WKU 3 IWAPI bidang perdagangan bertempat di Papoea By Nature Pakubowono Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018). Acara yang mengangkat kerajinan, makanan, budaya dan pariwisata yang ada di Papua, ini terus dikembangkan agar bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat, “saya berharap semakin banyak pengusaha wanita yang lain yang mengangkat Indonesia timur karena Presiden Jokowi menginginkan IWAPI untuk lebih mengangkat Indonesia Timur saat ini karena di sana kaya akan sumber daya alam, kuliner dan kerajinannya yang bisa menjadi satu potensi untuk pemasukan devisa negara melalui kebudayaan dan kuliner”, kata Ketua Umum IWAPI, Nita Yudi.

Dalam acara tersebut ditampilkan Kamoro salah satu suku di Papua yang mempunyai pesona tersendiri yang membawa suasana Papua lengkap dari kuliner, tarian, ukiran, fashion dan musik. Acara yang diadakan dengan berkat kerjasama beberapa pihak diantaranya Yayasan Maramowe, Fashion Indo digital, dan Oraganisasi IWAPI membuka wawasan baru kita tentang suatu suku di Papua yaitu Kamoro yang terkenal dengan ukirannya.

Acara ini membuka forum diskusi yang di hadiri juga oleh pihak Kementerian pariwisata, ketua umum IWAPI dan Ketua Yayasan Maramowe yang membahas mengenai potensi dari Papua dan bagaimana peran masing – masing pihak untuk mendapatkan pasar. Acara ini menghadirkan tarian asli dariKamoro dan orang – orang asli Kamoro, Musik dilengkapi sempurna oleh Miki salah satu jebolan Indonesian Idol. Fashion papua disuguhkan dengan team n chic dan ceria dengan motif – motif ukiran yang di persembahkan oleh FIND.

IWAPI sendiri mendatangkan banyak potensi buyer dalam acara ini, IWAPI organisasi yang sangat konsisten dalam mengerahkan para pengusaha untuk dapat membuka peluang pasar untuk budaya – budaya di Indonesia karena budaya adalah harta warisan yang Indonesia miliki dan harus dikemas agar memiliki nilai jual yang tinggi dan dapat di promosikan baik lokal dan Internasional.