Pengusaha berharap usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) membuat kondisi keamanan di dalam negeri semakin stabil.

Dengan demikian, kegiatan ekonomi bisa kembali normal, khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Nita Yudi mengatakan, putusan MK tersebut memberikan kepastian bagi masyarakat dan para pelaku usaha termasuk UMKM akan pemerintahan di periode selanjutnya.

Selain itu, usai putusan tersebut diharapkan seluruh masyatakat bisa kembali bersatu. “Usai putusan MK diharapkan masyarakat kembali lagi bersatu untuk menjaga persatuan dan membangun Indonesia ini bersama-sama,” ujar dia di Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Sementara itu, untuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih sesuai hasil perhitungan KPU yaitu Jokowi Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Nita berharap keduanya bisa meningkatkan perhatiannya terhadap sektor UMKM.

“Hampir lima tahun ini  perkembangan UMKM  pemerintahan Jokowi-JK sangat bagus. Mau di domestik, maupun luar negeri sangat bagus dan meningkat. Hal itu karena kebijakan pemerintah yang pro terhadap kepentingan UMKM,” kata dia.

Nita menyatakan, IWAPI siap menjadi mitra strategis Pemerintah dalam membangun dan mengembangkan UMKM di dalam negeri.

“Pembangunan infrastruktur dan berbagai program Jokowi, yaitu dana desa, serta kredit usaha rakyat dan Mekaar PNM sukses memicu pertumbuhan UMKM,” tandas dia.